BEM Gelar Seminar Regional Pemberdayaan Wanita

Pasuruan, 25 Oktober 2016. Untuk mengangkat gender di Pasuruan Badan Eksekutif Mahasiswa Yudharta mengadakan acara seminar regional yang bertemakan “Peranan perempuan dalam pembangunan daerah”. Dalam menyelenggarakan Acara tersebut BEM bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdaya dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Pasuruan. Kegiatan yang dihadiri sekitar seratus mahasiswa tersebut mempunyai agenda acara sebagai berikut: pembukaan ceremonial, sambutan dari ketua panitia, Presiden BEM, dan wakil rektor 3 Bapak Dr. Khoirul Huda, SH., M.Hum kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang langsung dinarasumberi oleh istri bupati Pasuruan Ny. Hj. Lulis serta didampingi 3 ketua TP PKK kecamatan yang meraih penghargaan PKK Award pada beberapa waktu lalu. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan wanita dalam pembangunan daerahnya sendiri. Perempuan tidak hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, namun juga ikut andil dalam mengikuti organisasi dan mempunyai peran penting seperti halnya kaum lelaki dalam meningkatkan pembangunan daerah.

Menurut Dr. Khoirul Huda, SH., M.Hum selaku wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan “Kegiatan yang seperti ini mampu meningkatkan keterampilan wanita dalam mewujudkan pembangunan di daerahnya masing-masing, minimal mampu mensejahterakan perekonomian keluarganya sendiri”.

Ketua TP PKK kabupaten Pasuruan Ny. Hj. Lulis menambahkan “TP PKK adalah salah satu organisasi yang bergerak di bidang peningkatan pemberdayaan perempuan. Mahasiswa harus memahami dan mampu meningkatkan peranan perempuan dalam ikut serta membangun daerah di Pasuruan”. Ia menambahkan, salah satu bentuk peran aktif kaum Hawa adalah dengan berkarya nyata melalui organisasi-organisasi “ke-perempuan-an”, diantaranya Fatayat NU, TP PKK dan lain-lain”.