Cegah Abrasi, Mahasiswa Yudharta Tanam Pohon Mangrove

Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan, yang tergabung dalam kelompok KKN PPM desa Patuguran Rejoso Pasuruan, melakukan aksi tanam pohon di sepanjang pesisir utara pantai lekok dan rejoso, yang tujuannya untuk cegah abrari tanah. Ahad (06/08/2017).

Saat di hubungi portalarjuna Muslim ketua kelompok KKN menceritakan kronologi program yang sangat bermanfaat bagi warga sekitar pesisir dan tambak, terutama saat air laut pasang dan musim hujan. Menurutnya program save mangrove tersebut,  selain dari hasil riset kelompoknya juga termotivasi dengan solusi yang ditawarkan bapak luhut menteri kemaritiman Republik Indonesia saat di kampusnya

“Gerakan tanam pohon mangrove di daerah pesisir seperti desa patuguran ini, perlu digalakan. Karena Saya masih ingat saat menteri kemaritiman datang ke kampus kami, yang mengatakan bahwa solusi abrasi pantai adalah dengan penanaman mangrove, sehingga kelompok kami membuat program save mangrove” Terang muslim.

Nur Kholis Koordinator kegiatan menuturkan bahwa programnya tersebut terlaksana sebab adanya solidaritas Timnya dan adanya kontribusi, bimbingan dari ketua Kelompok Tani Ijo Lestari yang bergerak dibidang Reboisasi mangrove.

“Alhamdulilah, berkat kekompakan tim lingkungan, program save mangrove terlaksana, meskipun masih dalam tahap awal. Yang jelas sumbangan pemikiran dari Pak Karyono ketua kelompok ijo lestari sangat mendukung kesuksesan Program ini” Pungkasnya. (Mus)

Oleh: Portalarjuna.net