Duo Mahasiswa Undip Ikuti Ajang Penelitian Internasional

 Dua mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi penelitian bertajuk 3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012.

Mereka adalah Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha. Keduanya menjadi perwakilan Nusantara di tingkat internasional dengan membawa penelitian berjudul Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Penelitian yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini telah diterapkan ke masyarakat di daerah Meteseh dalam rangkaian acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip. Dalam kompetisi itu, penelitian ini masuk dalam kategori C, yaitu Bioteknologi, Kesehatan, dan Kimia dan akan bersaing dengan universitas-universitas luar negeri di antaranya, National University of Singapore dan Universitas Teknologi Malaysia.

Pembantu Rektor Kemahasiswaan Undip Warsito mengatakan, dengan prestasi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk mengikuti jejak dua mahasiswa tersebut.

“Dengan visi Undip menjadi Universitas Riset pada 2020, mahasiswa saya harapkan juga terlibat aktif untuk turut berperan serta mewujudkan hal tersebut dengan banyaknya peluang kompetisi ataupun hibah penelitian yang bisa didapatkan saat ini,” ujar Warsito  seperti disitat dari laman Undip, Kamis (26/4/2012).

Terpilihnya duo Undip pada kompetisi yang akan dihelat di Malaysia pada 27-29 April 2012 berawal dari Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2011yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama AJB Bumiputera. Pada kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 250 peneliti mahasiswa dari universitas se-Indonesia, terpilih lima finalis untuk Kategori Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), yaitu Universitas Brawijaya (UB) Malang, Undip, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Penelitian mahasiswa Teknik Kimia Undip itu berhasil menjadi juara pertama tingkat nasional. Dengan capaian tersebut, mahasiswa Undip ini diberikan kesempatan oleh LIPI untuk mewakili Indonesia di ajang i-ENVEX.[okezone.com]