Genjot UMKM Baru, Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan Adakan Sarasehan UMKM

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki oleh masyarakat Lekok kabupaten Pasuruan,  sejumlah mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan Yang tergabung dalam kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Tambak Lekok,  kecamatan Lekok,  kabupaten Pasuruan menggelar sarasehan UMKM di balai desa Tambak Lekok,  Selasa (22/08/17).

Acara Yang bertemakan Ayo Legalkan Usaha Masyarakat Kampung Nelayan ini diikuti oleh Lima puluh lebih peserta, yang Terdiri dari perangkat-perangkat desa dan pelaku-pelaku usaha. Selain itu,  acara ini juga dihadiri oleh para pembicara dari Dinas Perikanan dan Kelautan Soegeng S, Dinas Koperasi Ismaika S, Dinas Kesehatan dra.Fitriyah,Apt, dan Asosiasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan (AP3) Nenik Suherni.

Acara yang berjalan kurang lebih tiga jam ini,  mendapatkan respon yang baik dari kepala desa Tambak Lekok Sabar.  Ia mengungkapkan acara sarasehan yang diadakan oleh mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan  dapat menggugah semangat usaha masyarakat.  “Pelegalan usaha itu sang at penting,  melihat peluang pasar produk masyarakat sangat lebar.  Maka penyadaran masyarakat atas pentingnya legalnya usaha melalui P. IRT terhadap masyarakat desa Tambak Lekok,  kami sangat mengapresiasi itu, “ungkapnya.

Coordinator KKN maritime 8 Dody Susilo dalam sambutanya mengatakan bahwa selama ini banyak dikatakan bahwa masyarakat Lekok memiliki SDM yang rendah,  itu tidak dibenarkan karena melihat banyaknya potensi besar dimiliki oleh masyarakat Lekok terutama dalam hal produksi hasil perikanan.

“Masyarakat Lekok memiliki banyak potensi yang seharusnya dikembangkan dengan benar.  Agar potensi-potensi yang sudah dibentuk dengan sendirinya oleh masyarakat dapat terwujud dengan baik,  maka keberadaan mahasiswa disini hanya memfasilitasi masyarakat untuk berbicara langsung kepada pemerintah melalui dinas-dinas yang kami undang saja, “. Katanya.

Pungkasnya,  mahasiswa program studi Teknik Industri Fakultas Teknik ini menuturkan bahwa sarasehan ini merupakan langkah awal until mewujudkan program kesejahteraan masyarakat melalui usaha-usaha masyarakat.  “Kami jadikan sarasehan ini merupakan gerakan awal yang nyata,  untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM. Tentu sepasca ini Akan kami lakukan pendampingan dan tindak lanjut untuk menyelesaikan program kami, ” pungkasnya. (ron)