Grand Seminar Bersama Staf Khusus Kemenristekdikti

Staf Khusus Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Dr KH Abdul Wahid Maktub hadir sebagai narasumber di Universitas Yudharta Pasuruan, pada Sabtu (04/03). Dalam Seminar yang diselenggarakan di Ruang Kuliah Pascasarjana, Gedung Rektorat lantai dua. Dr KH. Abdul Wahid memberikan materi dengan topik “Kebijakan Kemenristekdikti dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia”.

Dr. KH. Abdul Wahid menyampaikan bahwa kompetisi global merupakan hal yang tidak dapat lagi dihindari saat ini. Dinamika perubahan yang begitu cepat dan pergeseran nilai terus bergulir. Kondisi ini, tentu harus disikapi dengan bijak, terutama bagi kalangan perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan handal.

“Dinamika perubahan saat ini tercermin dalam ‘VUCA’ yakni Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous. Dalam artian dunia saat mengalami perubahan secara tiba-tiba dan tak menentu di berbagai sektor sehingga kita semua harus tanggap dan siap dalam merespon (New Responses) ”. ujar Konjen RI di Jeddah pada pada tahun 2001-2002 ini.

Dr Abdul Wahid juga menjelaskan, agar Yudharta dapat berkembang pesat harus optimis dan visioner sehingga dapat sejajar dengan perguruan tinggi yang bonafit seperti Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Airlangga (UNAIR), perlu kiranya UYP memperluas akses jaringan dan berkolaborasi dengan pihak yang se-visi dengan UYP.

“Perguruan Tinggi harus mampu memahami problem yang dihadapi masyarakat dan sesegera mungkin memberikan solusi yang jelas dengan cara berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, sehingga Yudharta semakin dikenal oleh masyarakat luas,” pesan Mantan Duta Besar RI untuk Qatar itu.

Sebelumnya, Rektor UYP, Dr. H. Saifulah, MHI, mengungkapkan bahwa kedatangan Staf Khusus Kemenristekdikti, Dr KH Abdul Wahid Maktub merupakan kebanggaan tersendiri bagi UYP. Dengan kedatangan sekaligus pemberian motivasi ini, civitas akademika UYP, terutama jajaran struktural UYP bisa mendapatkan tambahan pengetahuan yang dapat berguna kelak.

“Apalagi, Beliau ini merupakan sosok yang berpengalaman. Insya Allah kehadiran Bapak Dr KH Abdul Wahid Maktub ini membawa kesan mendalam bagi UYP,” jelas Rektor.

Dalam kesempatan itu, turut hadir para wakil rektor, para Dekan, Kepala Program Studi, Kepala Lembaga, dan segenap Dosen UYP.