HimaESy Gelar Seminar Tax Amnesty

HimaESy Gelar Seminar Tax Amnesty

Sabtu, 19 November 2016 Himaesy Universitas Yudharta menggelar seminar Tax Amnesty 2016 yang diselenggarakan di Aula Pancasila dengan Tema “Kupas Tuntas Amnesti Pajak menyongsong keterbukaan data wajib pajak”. Seminar tersebut dinarasumberi oleh Bapak Ade Yusuf dari KPP Pratama Pasuruan. Beliau sangat ahli dalam bidang perpajakan dan juga menjabat sebagai accounting selama 9 tahun.

Menurut beliau Amnesti Pajak/Tax Amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan.

Jika wajib pajak mengikuti program Amnesti pajak maka akan memperoleh manfaat berupa:
1. Penghapusan pajak yang seharusnya terutang.
2. Tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana perpajakan.
3. Tidak dilakukan pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan.
4. Penghentian proses pemeriksaan,pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan.
5. Jaminan Rahasia dimana data Pengampunan Pajak tidak dapat dijadikan dasar penyelidikan dan penyidikan tindak pidana lain.
6. Pembebasan PPh terkait proses balik nama harta.

Adapun yang dapat memanfaatkan Amnesti Pajak adalah seluruh Wajib Pajak baik orang pribadi ataupun Badan lembaga, kecuali dalam keadaan sebagai berikut:
1. Sedang dilakukan penyidikan dan berkas,
2. Penyidikannya telah P-21,
3. Sedang menjalani proses peradilan,
4. Sedang menjalani hukuman, atas tindak pidana di bidang perpajakan.

“Teknis permohonan Amnesti Pajak bisa diajukan ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar atau Kedutaan Besar tertentu.” Tutur Bapak Ade Yusuf.