ISI Denpasar-Universitas Okinawa Jalin Kerja Sama

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sepakat menjalin kerja sama dengan Okinawa University of Arts Jepang, sebagai upaya mendukung proses belajar-mengajar yang menguntungkan kedua belah pihak.

Naskah kerja sama ditandatangani antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S, MA, dan President Okinawa University of Arts Jepang Tsuguo Sakumoto di kampus ISI Denpasar, Selasa (13/3/2012).

“Jalinan kerja sama dua perguruan tinggi seni antarnegara itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan,” kata Prof Dr I Wayan Rai S.

Kerja sama tersebut juga menyangkut bidang studi fotografi dan program studi desain. Terealisasinya kerja sama itu melalui proses yang cukup panjang, berawal dari penjajakan kedua belah pihak.

Utusan dari Okinawa University Jepang berkunjung ke ISI Denpasar sekaligus menandatangani naskah kerja sama itu. Diharapkan, utusan ISI Denpasar bisa melakukan kunjungan balasan untuk membicarakan berbagai hal menyangkut kerja sama tersebut.

Prof Rai menambahkan, kerja sama ISI Denpasar dan Okinawa University Jepang juga mengarah pada program pertukaran mahasiswa dan dosen kedua lembaga pendidikan tinggi antarnegara tersebut.

Ia menjelaskan bahwa ISI Denpasar yang mempunyai jaringan di dunia internasional itu juga sedang menjajaki kerja sama dengan sekolah musik dan tari (Dept of Music and Dance) Swarthmore College, salah satu dari tiga perguruan tinggi seni terkenal di Amerika Serikat.

Menurut dia, pembicaraan awal sudah pernah dilakukan dengan Prof Dr Thomas Whitman, salah seorang dosen dari Dept of Music and Dance Swarthmore College, sehingga tinggal menunggu penandatanganan kedua belah pihak.

“Jalinan kerja sama tersebut mampu memberikan manfaat dan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam melaksanakan proses belajar-mengajar, didasari atas saling memerlukan dan saling membutuhkan satu sama lain,” katanya. [kompas.com]