Jadi Keynote Speaker Seminar Nasional, Menko Maritim Bahas Potensi Maritim Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan hadir menjadi Keynote Speaker pada Seminar Nasional kemaritiman 2017 dengan tema “Membangun Kelautan Untuk Mengembalikan Kejayaan Kemaritiman Bangsa” yang diselenggarakan oleh Universitas Yudharta Pasuruan (UYP), Selasa (21/03/2017) di Aula Pancasila.

Menko Maritim menyampaikan banyak hal tentang potensi laut di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan berbagai tantangan yang akan dihadapi Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.

Ia menceritakan dirinya saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang. “saat bertemu dengan perdana menteri Jepang Shinzo Abe saya menunjukkan peta Indonesia beserta potensi-potensi laut di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke”, Ujarnya. Luhut mendorong kepada seluruh eleman bangsa agar senantiasa bekerja keras, cerdas dan efesien untuk memanfaatkan potensi maritim Indonesia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia dari angka 5,0% ke angka pertumbuhan 5,4%.

Ia melanjutkan, tak perlu di antara elemen bangsa sibuk bertengkar, karena masih banyak masalah-masalah bangsa yang harus segera ditemukan solusinya. Di akhir presentasinya, Luhut berharap Mahasiswa UYP bisa menjadi pelopor bebas narkoba dan juga ikut serta mensosialisasikan pentingnya kebersihan laut dari sampah plastik.

Sementara itu, Rektor UYP Dr. Saifulah, MHI mengungkapkan bahwa kehadiran Menko Maritim di seminar kemaritiman ini bisa memberi warna tersendiri untuk pengembangan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THPI) dan UYP pada umumnya.

“Untuk sekup Pasuruan, hanya UYP yang memiliki fakultas pertanian yang di dalamnya ada program studi perikanan. Harapan saya kita bisa berkontribusi banyak untuk kemajuan Indonesia, karena nenek moyang kita pernah berjaya melalui kekuatan maritim yang ditunjukkan oleh kerajaan majapahit dan sriwijaya”, katanya.

Seminar ini juga dihadiri oleh Pembina Yayasan Darut Taqwa KH. M. Soleh Bahruddin, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf, Bupati Kabupaten Pasuruan Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, dan juga menghadirkan pembicara utama Seminar Dr. Deny Utomo, MP., bersama Matheus Nugroho, MP. Ikut serta berpartisipasi juga di dalamnya tokoh lintas umat beragama di wilayah kabupaten Pasuruan.

Diakhir seminar, Menko Maritim meresmikan Pusat Kajian “Green Ocean Agro” Universitas Yudharta Pasuruan. Dengan lambaga tersebut diharapkan UYP ke depan mampu turut serta melestarikan sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.