Kampus Impian Adalah Pilihan Pertamamu

Kamu yang berencana meneruskan kuliah di luar negeri harus sudah merencanakan studimu minimal satu tahun sebelumnya. Mengapa demikian?

Anne Weeks dari American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) dalam workshop yang digelar International Office (IO) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, menjelaskan, rencana studi sejak jauh-jauh hari ini penting karena memilih perguruan tinggi di luar negeri tidak semudah memilih kampus nasional. 

“Menurut saya, memilih perguruan tinggi haruslah berdasar pada impian, passion kita,” kata Anne seperti dilansir laman ITS, Jumat (20/4/2012).

Anne mengingatkan, jangan sekali-kali memilih kampus hanya karena itu adalah pilihan teman atau saudara. Dia mengimbuhkan, jika kamu berniat kuliah di Amerika Serikat (AS), kamu memiliki lima pilihan kampus.

“Nah, tempatkanlah kampus impianmu pada pilihan pertama meskipun nampaknya sulit diraih. Bagaimanapun, impian memang tetap harus dikejar,” imbuhnya.

Kemudian, masukkan kampus-kampus yang sekiranya dapat kamu jangkau dengan kemampuan yang kamu miliki di pilihan kedua hingga kelima. Pilihan terakhir adalah kampus yang ‘paling mudah’ kamu masuki.

Selain mengenali passing grade tiap kampus pilihan, kamu juga perlu mengenali karakter kampus-kampus tersebut. Kenali wilayahnya, cuaca, serta rute transportasinya.  “Hal sensitif biasanya urusan biaya,” kata Anne.

Dalam workshop bertajuk “How to Choose The Best University in USA” tersebut, Anne memaparkan, AS memiliki berbagai jenis perguruan tinggi. Para calon mahasiswa perlu mencari tahu informasi-informasi spesifik yang akan mengantarkannya ke kampus yang sesuai kebutuhan mereka.

“Amerika misalnya, memiliki kampus khusus perempuan, atau khusus agama tertentu,” Anne menandaskan.[okezone.com]