Kaprodi Ilmu Administrasi Publik Raih Gelar Doktor

Dr. M. Daimul Abror, S.Sos, M.Si sukses meraih gelar doktor Ilmu Administrasi Publik setelah diwisuda di Universitas Brawijaya, Sabtu (26/8/2017). Penyerahan ijazah wisuda dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS. Daim sendiri merupakan Doktor yang ke 414 di Fakultas Ilmu Adminisrasi Universitas Brawijaya dan telah menerima ijazah saat wisuda diselenggarakan.

Wisuda yang digelar di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya ini diikuti 1129 peserta. Suasana wisuda tampak hikmat yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Di awal acara berkumandang lagu Indonesia Raya. Usai wisuda, Daim mengatakan, dirinya bangga bisa ambil bagian dalam wisuda tersebut dengan menuntaskan studinya “hanya” delapan semester. “Saya harap dapat mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan ini untuk kemajuan Prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Yudharta khususnya dan masyarakat sekitar umumnya,” kata Daim.

Menurutnya, wisuda ini digelar setelah sebelumnya dirinya mengikuti sidang disertasi dalam sidang promosi doktor ilmu administrasi di FIA UB pada bulan Juli yang lalu. Saat sidang disertasi tersebut, turut hadir keluarga besar dan sahabat mahasiswa S3 FIA UB, Dosen Universitas Yudharta, dan keluarga terdekat.

“Saya bersyukur karena hari ini  merupakan wujud hasil perjuangan selama menempuh pendidikan pascasarjana. Sama seperti mahasiswa lainnya yang menempuh gelar untuk Doktor ini, sayapun belajar, dan bekerja keras di tengah kesibukan sehari-hari sebagai Ketua Program Studi,” katanya.

Daim juga berharap gelar doktor ini bisa diimplementasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Apalagi sebagai Kaprodi ilmu administrasi publik sangat relevan dengan kinerjanya. “Semoga bermanfaat untuk kinerja saya sebagai Kaprodi dan Dosen, lebih mengetahui ilmu administrasi publik dan hasilnya akan membawa dampak positif bagi peningkatan SDM di Universitas Yudharta Pasuruan,” katanya.

Daim sendiri telah meraih berbagai prestasi di bidang Akademik, diantaranya pada tahun 2016 mendapat hibah Penelitian Dosen Pemula Ristek Dikti dengan judul “Peran Relawan Demokrasi (Relasi) sebaga Election Marketer” (studi Kasus pada Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Pasuruan). Pada tahun 2017 mendapat Hibah Penelitian Disertasi dengan judul “Pergeseran Pendekatan Kerjasama Antar Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Infrastruktur Publik”. Pada tahun 2017 berhasil publikasi Jurnal ilmiah Nasional dengan judul ”Peran Relawan Demokrasi (Relasi) sebaga Election Marketer” (studi Kasus pada Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Pasuruan)” pada Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial DIALEKTIKA Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang Volume 2 nomor 1 Februari 2017. Masih pada tahun 2017 berhasil publikasi jurnal internasional pada International Journal of Management and Administrative (IJMAS) Volume 4 Number 10 2017 dengan judul “Friction of Cooperation Approch Among Two Local Governments in Public Infrastructure Management