Mahasiswa Yogyakarta Tolak RUU PT

Forum Mahasiswa Yogyakarta melakukan aksi unjuk rasa menolak RUU Pendidikan Tinggi yang akan disahkan DPR pada 10 April nanti. Mereka memulai aksi di Bunderan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kemudian berjalan kaki menuju DPRD DIY.

Para pengunjuk rasa ini mewakili ribuan mahasiswa yang menempuh studi di Yogyakarta. Mereka terdiri BEM KM UGM, BEM/LEM/Dema se-UGM, BEM KM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), BEM SI DIY, Front Mahasiswa Nasional, Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, serta Elemen Front Perjuangan Rakyat Yogyakarta (Forkomsi, HMI Cab Yogyakarta, Indonesia Bangkit, dan Aliansi Mahasiswa Papua).

Kepala Departemen Kajian Stategis dan Kebijakan BEM KM UGM Yogyakarta, Ahmad Rizky Mardhatillah Umar menyampaikan, banyak pasal di RUU PT yang substansi dan semangatnya tak jauh berbeda dari UU BHP, yakni memindahkan tanggung jawab pendidikan dari negara kepada masyarakat (mahasiswa). Akibatnya, pendidikan semakin mahal dan dipastikan tidak terjangkau bagi rakyat miskin untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Secara umum, hampir semua dosen di UGM Yogyakarta menolak RUU PT ini. Dalam diskusi 21 Maret lalu, Rektor UGM Pratikno juga mengkritisi RUU PT ini,” kata Hamdan, Kamis (5/4/2012).

Pria yang akrab disapa Umar itu menambahkan, negara tidak boleh lepas tangan dalam pembiayaan pendidikan di perguruan tinggi. Mereka juga mendesak pemerintah untuk mengubah draf RUU menjadi Rancangan Peraturan Pemerintah, serta merevisi UU Sikdiknas.

Dalam aksinya, mahasiswa ini membewa beberapa poster di antaranya bertuliskan, “Tolak RUU PT”, “Kampus untuk Pendidikan Bukan untuk Dijual”, “RUU Pendidikan Tinggi = Liberalisasi Pendidikan”, dan masih banyak lainnya.

Para pengunjuk rasa ini juga membuat petisi putih yang ditujukan kepada anggota DPRD DIY. Mereka ditemui Ketua Fraksi PKB DPRD DIY Sukamto di halaman depan gedung DPRD DIY.

Sukamto pun berjanji, akan membuat laporan khusus untuk diteruskan ke DPR-RI, khususnya dari Fraksi PKB untuk menolak RUU PT. “Saya tegaskan, suara Anda yang mewakili ribuan mahasiswa di Yogyakarta pasti akan saya teruskan ke pusat. Pada prinsipnya mahasiswa di Yogyakarta menolak RUU Pendidikan Tinggi,” tutur Ketua Komisi D DPRD DIY ini.

Sukamto juga menandatangani petisi yang dibuat mahasiswa yang intinya menolak RUU PT. “Kami berharap, Fraksi PKB DPR-RI turut berperan dalam menggagalkan RUU PT,” jelasnya.[okezone]