Manipulasi Nilai, Mahasiswa Unissula Terancam DO

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Agung Semarang (Unissula) Taufiqurrachman, melaporkan mahasiswanya, Dwi Hartono alias Ferry ke polisi. Pemicunya, Ferry diduga memanipulasi nilai lima orang siswa agar bisa masuk dan diterima di Fakultas Kedokteran Unissula.

“Lima mahasiswa yang nilainya dimanipulasi adalah Hery Abdul Hakim; Ana Sofiana; Urfia Hukmy; Rizqi Lina Septiana dan Ari Arifinanto yang merupakan mahasiswa kedokteran Unissula angkatan 2010,” kata Taufiqurrachman, Senin (23/4/2012).

Taufiqurrachman menyebutkan, dugaan manipulasi nilai rapor itu terbongkar 20 Maret lalu. Dia mencurigai nilai kelima mahasiswa tersebut yang selalu jelek dan di bawah standar dalam tiap mata kuliah. Taufiqurrachman kemudian membentuk tim khusus untuk mencari tahu penyebab jebloknya nilai kelima mahasiswa tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata nilai IPA dari kelima mahasiswa itu dimanipulasi agar bisa masuk ke fakultas kedokteran. Sedangkan perantaranya adalah Dwi Hartono alias Ferry mahasiswa kedokteran angkatan 2004 yang masih tercatat sebagai mahasiswa.

“Satu dari lima mahasiswa itu justru mengaku dari jurusan IPS dan itu pun didapatkan dari paket C. Namun karena ingin masuk fakultas kedokteran dia membayar terlapor untuk memanipulasi dan menjadikan nilai IPA agar bisa diterima,” imbuhnya.[kompas.com]