Pemilihan Rektor UGM Putaran Pertama Ditunda

Agenda pengerucutan bakal calon rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dari tujuh menjadi lima orang bakal calon yang dijadwalkan digelar pada hari ini, Senin (12/3/2012), ditunda. Seharusnya, pengerucutan ini diadakan dalam rapat gabungan Majelis Guru Besar (MGB) dan Senat Akademik (SA) UGM.

Alasan penundaan karena Panitia Ad Hoch Pemilihan (PAH) dinilai belum melakukan sosialisasi yang memadai, baik tentang para kandidat mau pun tata tertib pemilihan. Dekan Fakultas Pertanian UGM Prof. Ir. Triwibowo Yuwono, Ph.D yang mewakili dekan 11 fakultas di UGM menyatakan, para peserta pleno belum mengetahui sosok tujuh bakal calon yang harus mereka pilih.

“Walau tujuh sosok para balon itu sudah dimunculkan di web UGM, kita belum sempat mempelajari karena peluncuran di web itu baru dilakukan Sabtu lalu. Kalau demikian kita ibarat dipaksa untuk memilih kuncing dalam karung”, kata Prof Yuwono.

Selain belum disosialisasikannya para bakal calon, mekanisme dan tata tertib pemilihan pun juga belum disosialisasikan dengan baik. Dalam rapat pleno tersebut, sempat terjadi perdebatan mekanisme pemilihan apakah setiap anggota hanya berhak memilih satu bakal calon atau memilih lima bakal calon.

Namun, tidak ada titik temu tentang mekanisme pemilihan. Akhirnya disepakati pemilihan lima bakal calon ditunda hari Rabu (14/3/2012) mendatang. Sementara, rapat pleno hari ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan tujuh para bakal calon tersebut.

Ketujuh bakal calon rektor itu adalah:
1. Prof. Dr. Techn. Danang Parikesit, M.Sc (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian  Masyarakat UGM);
2. Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D (pernah menjabat Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas/Kemdiknas/Kemdikbud);
3. Prof.Dr. Marsudi Triatmodjo, SH.,LL.M (Dekan Fakultas Hukum UGM);
4. Prof. Dr. Hartono, DEA., DESS (Direktur Sekolah Pascasarjana UGM);
5. Prof. Dr. Pratikno, M.Sc (Dekan Fakultas ISIPOL UGM);
6. Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM);
7. Dr.dr. HM. Hafizurrachman, MPH (staf pengajar AKK-FKM UI Jakarta).[kompas.com]