Prodi FISIP Menggelar Seminar PKM bertema “Kiat Mendapatkan Hibah PKM”

Pengaplikasian tri dharma universitas dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan akademik, salah satunya dengan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan wadah yang dibentuk langsung oleh DIKTI untuk para mahasiswa. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang kurang kesadaran akan pemanfaatan program yang dapat sangat menguntungkan itu.

Dengan adanya fenomena tersebut, mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) Universitas Yudharta Pasuruan mengadakan seminar PKM yang bertema “Kiat Mendapatkan Hibah PKM” untuk menggugah kembali semangat para mahasiswa akan pentingnya PKM. Suhartono, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis merupakan ketua panitia dari acara ini.(03/05/17)

Diadakannya seminar PKM ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi dari setiap universitas yakni pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Maka seminar ini diharapkan dapat menjadi jalan dari wujud ketiga hal tersebut. Selain itu, seminar ini juga untuk mengenalkan pada mahasiswa bagaimana tahapan-tahapan program itu dibuat dan bagaimana cara mendaftarkannya.

Prof. Dr. Wurlina Meles, MS, Drh merupakan narasumber dalam seminar PKM ini. Beliau adalah asesor di wilayah 7 yang merupakan salah satu tim penilai dari program PKM. Bukan hanya menilai PKM dari mahasiswa namun beliau juga tim penilai untuk PKM dari dosen.

Untuk persiapan seminar ini sendiri, Suhartono menuturkan bahwa sudah dilakukan dari jauh-jauh hari yakni mulai dari tiga bulan yang lalu. Namun karena menunggu persetujuan dari narasumber maka persiapan hanya dilakukan selama tiga minggu.

Panitia terdiri dari sepuluh mahasiswa dari tiga program studi di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Pemilihan panitia berdasarkan delegasi dari ketua hima masingt-masing. Kesulitan yang dirasakan adalah pada koordinasi karena ini merupakan agenda pertama yang dilakukan oleh tiga prodi. Banyak panitia yang yang memiliki kesibukan masing-masing sehingga banyak terjadi miss komunikasi.

“Harapan dari kepanitiaan FISIP secara umum semoga nanti setelah adanya program seminar ini dampak atau hasilnya dari mahasiswa di Universitas Yudharta banyak yang melakukan penelitian terutama penelitian-penelitian yang berhubungan dengan prodi masing-masing yang nantinya bisa diimplementasikan di masyarakat, bisa membantu dan mengembangkan SDM di masyarakat, sehingga kesenjangan sosial di masyarakat lama-lama jadi lebih baik dari yang sekarang” tutur Suhartono.

Sumber: http://portalarjuna.net/2017/05/gugah-semangat-pkm-adakan-seminar/