Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir Raih Akreditasi B

Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir (IAT) Universitas Yudharta Pasuruan (UYP), berhasil meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui surat keputusan akreditasi No. 0805/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017. Penyerahan sertifikat dan surat keputusan akreditasi dilakukan oleh perwakilan BAN-PT kepada Kepala Program Studi IAT Muhid Mashuri, M.Thi pada 29 April lalu.

“Standar yang dipakai oleh Kemenristekdikti untuk menilai kinerja program studi IAT di UYP meliputi tujuh hal,” ujar Kepala program studi IAT. Muhid Mashuri. Standar tersebut adalah visi misi, tata pamong dan sistem penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, dosen dan tenaga kependidikan, serta kurikulum dan pembelajaran. Standar selanjutnya adalah keuangan, sarana dan prasarana serta penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Menurut Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Asrul Anan, M.PdI., bahwa sistem akreditasi oleh BAN-PT akan disertai pemantauan setelah SK dan peringkat akreditasi dikeluarkan. “Oleh karena itu, Prodi harus mampu memelihara dan menunjukkan kinerja yang konsisten dan meningkat. Hasil Akreditasi Prodi merupakan cerminan keseharian kinerja prodi, bukan hanya performa pada saat proses penilaian akreditasi, dan capai ini terbilang luar biasa, karena Prodi IAT merupakan Prodi yang baru didirikan tiga tahun lalu” kata dia.

Dr. H. Saifulah, MHI selaku Rektor, menyampaikan bahwa capaian Akreditasi bukanlah tujuan akhir perjalanan UYP. “raihan akreditasi B Prodi IAT  ini bagi UYP mempunyai makna yang sangat khusus, karena akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan UYP di masa yang akan datang,” ujar Rektor.

Akreditasi B yang diraih Prodi IAT, ujar Rektor, menjadi landasan  transformasi UYP untuk mengakselerasi cita-cita UYP menjadi universitas kelas dunia. Peringkat Akreditasi B juga akan menambah kebanggaan mahasiswa Prodi IAT UYP, menjadi point penting dalam persaingan pasar kerja, serta dapat mendongkrak posisi UYP dalam jajaran perguruan tinggi terdepan di Indonesia.