PSQ Pimpinan Prof. Dr. Quraish Shihab, MA Resmi Kerjasama dengan Prodi IAT Univ. Yudharta

International Conferance on Qur’an and Hadith Studies resmi digelar pada tanggal 6-8 November 2017 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara yang diseleggarakan dengan partner Asosiasi Ilmu al-Qur’an & Tafsir se Indonesia (AIAT) berjalan cukup meriah, dan turut hadir prodi IAT Universitas Yudharta Pasuruan yang diwakili oleh Mukhid Mashuri, M.ThI (Ketua Program Studi IAT Universitas Yudharta Pasuruan).

Konferensi yang menghadirkan puluhan pengkaji al-Qur’an dan tafsir dari berbagai lembaga pendidikan dan riset diharapkan menjadi ajang pertukaran wawasan dan pengalaman sekaligus pengayaan diskursus keilmuan kajian al-Qur’an dan hadits di era kontemporer. “saya sangat antusias dengan acara ini, itulah yang menjadi niatan mengapa acara ini digelar” ujar Prof. Dr. Masri Mansoer, MA selaku Dekan Fakultas Usuludin.

Internasional Conference on Qur’an and Hadith (ICONQUHAS) 2017 merupakan konferensi pertama yang diselenggarakan dengan tema “The Current Status and Development of the Qur’an and Hadith Studies: Sources, Discourses, and Practices”. Sahiron Syamsuddin selaku ketua Asosiasi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir se Indosensia (AIAT) dalam rapat pertemuan berharap bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memacu para akademisi dalam mengkaji keilmuan di bidang al-Qur’an dan Tafsir, sehingga mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap permasalahan yang ada dalam kajian Islam, terutama yang ada di Indonesia.

Dalam acara tersebut, pembicara yang hadir dari kalangan Akademisi International seperti Prof. Dr. Mun’im Sirry, MA (University of Notre Dame, USA), Prof. Dr. Muhamad Ali (University of California, Riverside, USA), Dr. Norbani Ismail (Former Malaysia Chair of Islam in Southest Asia, Georgetown University, USA), Dr. Irina R. Katkova (St. Petersburg Institute of Oriental Manuscripts, Rusia) yang konsen studinya dalam kajian keislaman.

Disamping mengikuti agenda ini, mukhid delegasi dari Universitas Yudharta Pasuruan memanfaatkan juga dengan MoU antar prodi IAT se Indonesia, diantara MoU yang telah di peroleh antara Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an  Kementerian Agama islam di TMII, Pusat Studi al-Qur’an pimpinan Prof. Quraish Shihab. “Acara yang kita ikuti super sibuk sekali, namun di sela kesibukan kami menyempatkan diri untuk mengagendakan MoU dengan lembaga lain” Mukhid.