Ramadhan Berkah Ramadhan Ceria Bersama HIMA PAI UYP

Bulan Ramadhan adalah bulan dengan seribu keberkahan, banyaknya aktifitas tidak menghalangi untuk kita tidak berpuasa.  Hadirnya bulan Ramadhan menjadi kebahagiaan sendiri bagi umat Islam, salah satu hikmah dari datangnya bulan Ramadhan adalah sebagai upaya menumbuhkan solidaritas umat.  Banyak sekali organisasi-organisasi mengadakan kegiatan untuk memeriahkan bulan ini.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan HIMA PAI UYP 2017 mengadakan Safari Ramadhan ke beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Kegiatan awal ini dilaksanakan di SMK Darut Taqwa dan SMKN Purwosari Pasuruan, yang digelar pada tanggal 5-11 Juni 2017 dengan  mengusung tema “Ramadhan Berkah Ramadhan Ceria”.

Sasaran dari kegiatan tersebut merupakan keseluruhan dari Siswa/I SMK yang telah ditentukan panitia, yang rencana akan di gelar seluruh SMK se-Kabupaten Pasuruan. Materi yang disampaikan adalah materi keagamaan, ice breaking, BCS (Belajar, Cerita, Shalawat), dan materi Multikultural. Tujuan dari Safari Ramadhan HIMA PAI UYP adalah untuk menumbuhkan rasa solidaritas umat beagama, menjalin dan mempererat tali silaturahmi, meningkatkan semangat da’wah Mahasiswa sebagai calon pendidik, memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta perdamaian kepada Siswa/I.

Salah satu ketua panitia, Muhammad Ainun Najib mengungkapkan, “Ini sudah menjadi tugas kita sebagai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, untuk menyalakan kembali cahaya Islam yang mulai meredup, serta sebagai upaya sosialisasi perdamaian, silaturrahmi dan sebagai wahana untuk melatih mahasiswa PAI yang akan mendidik anak banksa untuk menjadi generasi yang kaffah, yang mempunyai Imtak dan Iptek yang balance”.

Kegiatan safari Ramadhan ini diawali dengan dengan penyampaian materi-materi yang telah di tentukan, kemudian mahasiswa menyampaiakan materi, seperti halnya seorang guru atau ustad yang menerangkan di depan, diakhir acara, Siswa/I akan di kumpulkan menjadi satu di masjid untuk melakukan sholat berjamaah dan mengikuti tausiyah umum selama 15 menit. Setelah itu seluruh siswa/I boleh pulang.

 

Oleh: Muhammad Ainun Najib