Sosialisasi Visi-Misi dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan (FAI-UYP) menggelar  sosialisasi Visi-Misi dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Aula Pascasarjana lantai 2 Kampus UYP. Ketika membuka pelatihan ini Dekan FAI, Asrul Anan, M.PdI meminta dosen untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi  yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, melalui Visi Misi yang telah di bangun oleh FAI. (04/10/2017)

“Makanya, sosialisasi Visi-Misi dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan bagian dari peningkatan pengajaran dan kaitannya dengan sertifikasi dosen, serta BKD Dosen. Dari Sosialisasi dan pelatihan ini dosen dituntut untuk bisa lebih berkualitas dalam pembelajaran,” kata Dekan.

Estalila, M.Psi salam satu pemateri, Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 yang merupakan penyempurnaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Sistem Nasional Pendidikan, perencanaan pembelajaran merupakan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran. Perencanaan tersebut memuat perencanaan proses pembelajaran yang disajikan dalam bentuk rencana pembelajaran semester (RPS).

RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. RPS disusun menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diperbarui dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Noraeni, M.AB selaku pemateri kedua mengungkapkan, RPS yang disusun paling sedikit memuat:

  1. Nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu;
  2. Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;.
  3. Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
  4. Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
  5. Metode pembelajaran;
  6. Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
  7. Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester;
  8. Kriteria, indikator, dan bobot penilaian; dan
  9. Daftar referensi yang digunakan.