Tim Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Industri

Fakultas Teknik Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) kembali kedatangan Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi Akreditasi Program Studi S1 Teknik Industri, Sabtu (25/02). Tim Asesor BAN-PT terdiri dari Ir. Subagyo, Ph.D. dari Universitas Gajah Mada dan Sani Susanto, Ph.D. dari Universitas Katholik Parahyangan. Visitasi berlangsung selama dua hari 25 s.d 26 Maret 2017.

Bertempat di Halaman Pondok Pesantren Ngalah, Tim Asesor diterima oleh Pembina Yayasan Darut Taqwa KH. M. Soleh Bahruddin dan Rektor UYP Dr. H. Saifulah, MHI, kemudian dilanjutkan ke Gedung Rektorat lantai 2 disambut oleh Dekan Fakultas Teknik Misbahul Munir, MT bersama civitas akademika Universitas Yudharta.

Kegiatan visitasi ini langsung dibuka oleh Rektor Dr. H. Saifulah, MHI. Dalam pembukaan Rektor UYP menyampaikan bahwa melalui proses visitasi akreditasi Program Studi Teknik Industri, diharapkan banyak saran dan masukan dalam penyelengaraan Program Studi Teknik Industri, sehingga ke depan UYP terus berupaya melakukan perbaikan agar lebih berkualitas, terutama dalam hal pengembangan SDM. Lebih lanjut Rektor menyampaikan banyak terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada asesor, jika ada pelayanan kurang tepat dari tim akreditasi. Beliau berpesan kepada tim akreditasi Fakultas teknik agar data disampaikan secara objektif dan faktual, diingatkan olehnya, bahwa kejujuran merupakan pilar utama dalam proses akreditasi.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama Ir. Subagyo, Ph.D. selaku asesor menyampaikan banyak terima kasih atas penyambutannya, Ia mengungkapkan bahwa dalam proses visitasi tidak ada istilah “mengarahkan” yang ada adalah proses diskusi dengan teman sejawat antara asesor dan civitas akademik Fakultas Teknik karena kita semua berharap Program Teknik Industri di Indonesia lebih berkualitas. Kemudian Ia juga menyampaikan rangkaian agenda visitasi dimulai dari shering dengan Dekanat, Kapordi dan Dosen sekaligus verifikasi Borang. Kemudian dilanjutkan shering dengan Mahasiswa, alumni, dan stakeholder(pengguna lulusan).

Sani Susanto, Ph.D. yang juga menjadi asesor, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka melakukan assessment lapangan untuk melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran. Ia juga mengatakan sangat terkesan dengan sambutan KH. Sholeh Bahruddin sekaligus jargon The multicultural university yang menjadi identitas UYP. Karena dalam situasi seperti ini dibutuhkan gagasan yang mampu merekatkan tali persaudaran antar sesama.