Tingkatkan Keterampilan Anak, Mahasiswa UYP Ciptakan “Rumah Cerdas” di LKSA Miftahul Ulum Lekok

Seiring berkembangnya usia anak hingga menuju dewasa, mereka mengalami perkembangan tidak hanya fisik dan mental namun juga keterampilan. Meski dua perkembangan tersebut berjalan secara alamiah, orang tua mempunyai peran penting untuk membantu supaya maksimal. Terlebih dengan pengembangan keterampilan yang membutuhkan perhatian cukup besar sehingga dapat berkembang dengan sangat baik. Lalu,bagaimana dengan anak-anak yang jauh dari semua perhatian tersebut?

LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Miftahul Ulum yang letak geografisnya berada di Desa Tampung Kecamatan Lekok Pasuruan menjadi salah satu target Rumah Cerdas yang diciptakan oleh mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan yang tergabung dalam Kelompok 11 KKN PPM 2017. Keterbatasan mereka sebagai anak-anak yang jauh dari perhatian orang tua menjadi motivasi besar bagi para mahasiswa untuk mengemas Rumah Cerdas agar lebih menyenangkan namun tetap efektif dalam mencerdaskan anak.

Program yang telah digagas secara matang oleh 20 mahasiswa tersebut telah dimulai sejak 07 Agustus 2017 yang lalu. Konsep utamanya adalah peningkatan keterampilan anak dengan adanya 3 kelas keterampilan, diantaranya kelas IT, kelas kreativitas dan kelas public speaking. Selain di LKSA “Rumah Cerdas” tersebut juga terbuka lebar untuk anak-anak umum yang bermukim di sekitar Desa Tampung, Kecamatan Lekok Pasuruan.

Tiga kelas tersebut akan dibimbing langsung oleh para mahasiswa dari berabagai jurusan yang masuk dalam tiga keterampilan tersebut. Satu hal yang membuat rumah cerdas ini menjadi lebih menarik adalah dengan adanya pembelajaran bahasa asing dalam kelas public speaking. Para peserta tidak hanya akan menjadi lebih percaya diri namun juga mahir dan berani mempraktekkan keterampilan bahasa asing.(dh)

Oleh: Portalarjuna.net