Tingkatkan Toleransi Beragama, Kesbangpol Bersama UYP Adakan Sosialisasi

Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasuruan bersama Universitas Yudharta Pasuruan menggelar sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama bertempat di Gedung Kuliah Lantai tiga, Universitas Yudharta Pasuruan, Senin (28/11/2016).

Kepala Seksi Wawasan Kebangsaan Dinas Kesbangpol Kabupaten Pasuruan, Panca Wisnu menyatakan bahwa peserta sebanyak 60 orang terdiri dari para tokoh masyarakat, perwakilan Ormas Keagamaan, Mahasiswa, dan Tokoh pemuda se-Kabupaten Pasuruan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menambahan wawasan kebangsaan masyarakat Kabupaten Pasuruan dan kerukunan antar umat beragama,”ucapnya. Selain itu, tujuan lainnya yakni dalam rangka mempersatukan masyarakat kabupaten Pasuruan agar selalu harmonis, karena Pasuruan merupakan miniature Indonesia yang terdiri dari suku dan agama, tukasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pasuruan Dr. H. Saifulah, MHI yang juga menjabat Rektor Universitas Yudharta dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan peserta dapat ikut mensosialisasikan kembali kepada lingkungan tempat mereka tinggal, sehingga dengan begitu dapat meredam kemungkinan-kemungkinaan ada gejolak perbedaan-perbedaan yang sering muncul ditengah masyarakat yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak hanya antar umat beragama saja, namun antar umat sesama agama dan antar umat beragama dengan pemerintah juga harus dijaga.

“Kerukunan umat antar agama, sesama agama, termasuk pemerintah wajib kita jaga. Karena, tidak menutup kemungkinan sering terjadi berbeda paham dalam agama kita. Seperti saling hasut dan sebagainya. Kemudian umat agama dengan pemerintah, itu wajib kita jaga juga karena dalam hal ini pemerintah mempunyai kewajiban melindungi umat beragama serta memfasilitasi mereka seperti rumah agama, tokoh agama bisa di bantu SDM-nya, berarti pemerintah punya andil besar, dan umat beragama juga harus patuh dengan aturan-aturan yang telah dikeluarkan pemerintah,” terangnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi kepada peserta oleh para narasumber. Adapun pembicara dalam sosialisasi tersebut terdiri tiga orang meliputi Kasi Bimas Anang Sarjono dari Kemenag Kab. Pasuruan, Tokoh Pemuda sekaligus Jurnalis Baihaqi, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Timur Dr. H. Shofwan SH. M.Si