Unair Gelar Kontes Robot Antarpelajar

Universitas Airlangga Surabaya menggelar kontes robot bertajuk “Airlangga Robot Competition Olimpiade of Physic” (AIROBOCOP) untuk pelajar SMP/SMA se-Jawa Timur, Senin (21/11).

“Awalnya, saat tim robot Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair mengikuti Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), banyak penonton yang tertarik dan baru mengetahui di Unair ternyata ada juga robot,” kata Ketua Himpunan Mahasiswa D3 Otomatisasi dan Sistem Instrumentasi FTS, M Azzumar.

Karena itu, kata dia, Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) FST Unair mengadakan lomba robot akbar untuk menyebarluaskan bahwa di Unair juga ada robot.

“AIROBOCOP tersebut merupakan lomba robot pertama yang diadakan FST Unair. Lomba yang diikuti pelajar SMP dan SMA sederajat se-Jatim itu diselenggarakan bersamaan dengan Kuis Fisika yang merupakan kegiatan tahunan rutin HIMAFI Unair,” katanya.

Karena diadakan bersamaan dengan Kuis Fisika, peserta yang mengikuti kontes robot ini menjadi cukup banyak, apalagi banyak peserta yang penasaran dengan lomba robot di Unair.

Umumnya, kategori yang diperlombakan dalam kontes robot adalah robot line tracer, robot wall tracer (berjalan mengikuti dinding), robot pemadam kebakaran, robot humanoid (robot setengah manusia), dan masih banyak lagi.

Namun, jenis lomba yang dipertandingkan dalam AIROBOCOP adalah adu cepat robot line tracer (robot yang bergerak mengikuti garis), meski penilaian bukan hanya soal kecepatan, melainkan juga sistem kontrol.

“Itu merupakan kontes robot pertama yang diadakan oleh Unair, karena itu panitia hanya melombakan kategori line tracer, namun hal itu diharapkan sudah dapat menjadi promosi bahwa di Unair ada robot,” katanya.[mediaindonesia]

Comments