Universitas Yudharta, Studi Banding Pengembangan SDM Ke UNUD

Universitas Udayana (Unud) menerima kunjungan Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur pada hari Rabu (06/09/2017) di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran. Kunjungan ditujukan dalam rangka studi banding pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka pembenahan institusi, menuju institusi perguruan tinggi yang ideal, perlu melakukan berbagai usaha, salah satunya adalah memperoleh informasi ke universitas lain.   Untuk mewujudkan hal tersebut Universitas Udayana menjadi salah satu rujukan dari Universitas Yudharta Pasuruan dalam mengembangkan perguruan tinggi. Rombongan Universitas Yudharta Pasuruan yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Para Dekan, Kaprodi, Kepala Lembaga, Biro dan Kepala UPT diterima oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unud didampingi Bagian SDM.

Wakil Rektor I, Dr. Muzakki, M.Si mewakili rombongan dalam sambutannya menyampaikan melalui kesempatan ini ingin belajar dari Udayana yang dari segi usia sudah jauh lebih tua. Lebih lanjut Muzakki menyampaikan Universitas Yudharta Pasuruan masih relatif baru dan dalam menjalankan kegiatannya menekankan pada pengembangan nilai-nilai dasar religius pluralistik yang lebih sering disebut Multikultural Kampus. Dalam studi banding ini diharapkan terjadi sharing terkait pengembangan penjaminan mutu, pemenuhan standar minimal dosen dan peningkatan kualifikasi tenaga pendidik untuk meningkatkan akreditasi. Kunjungan ini juga dilatar belakangi adanya upaya meningkatkan animo masyarakat untuk kuliah mengingat keinginan Menristekdikti untuk melakukan merger perguruan tinggi yang mahasiswanya kurang dari 1000 orang. Saran dan masukan sangat diharapkan untuk mendapatkan peluang pengembangan universitas di masa yang akan datang.

Rombongan dari Universitas Yudharta Pasuruan ke Unud

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unud, Prof. Dr. I Gusti Bagus Wiksuana, SE.,MS dalam sambutannya menyampaikan sekilas tentang profil dan struktur organisasi yang ada di Unud. Lebih lanjut Prof. Wiksuana menyampaikan sampai saat ini Unud masih mengalami beberapa kendala dalam tata kelola, terutama penyesuaian terhadap struktur organisasi sesuai dengan OTK dan Statuta yang baru disahkan. Sesuai dengan OTK, Unud memiliki empat Wakil Rektor dan empat Biro yang menjadi motor penggerak universitas. Terkait dengan pengembangan SDM, Unud terus berupaya mengembangkan kualitas dan pendidikan baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan di lingkungan universitas. Prof. Wiksuana berharap melalui kunjungan ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam pengembangan institusi.

Kepala Bagian SDM, Nyoman Sumayadnya menyampaikan semenjak perubahan OTK cakupan kerja Bagian SDM menjadi lebih luas sampai dengan perencanaan pengadaan tenaga pendidik dan kependidikan. Universitas juga terus melakukan berbagai upaya dalam hal pengembangan kompetensi melalui peningkatan pendidikan dan keterampilan staf. Dalam hal peningkatan keterampilan tenaga pendidik di Universitas Udayana dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) melalui pelatihan penyusunan kurikulum dan capaian pembelajaran. Terkait dengan tenaga kependidikan universitas melakukan pengembangan kompetensi melalui berbagai kegiatan bimbingan teknis.

Foto bersama beserta pejabat Universitas Udayana Bali

Penyerahan cinderamata dari Yudharta kepada Unud

Presentasi oleh pejabat Unud tentang SDM

Foto Bersama di depan gedung rektorat Unud

Rombongan juga mendapatkan pemaparan dari Tim USDI mengenai IMISSU Unud. IMISSU merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengelola informasi dan memudahkan dalam proses tata kelola dilingkungan Unud. Kunjungan diakhiri dengan penyampaian apresiasi dari Rektor Universitas Yudharta Pasuruan kepada pihak Unud yang sudah menerima dan berbagi informasi terkait pengembangan pendidikan di perguruan tinggi. (HM)