uyp-gelar-makan-ikan-gratis-dalam-rangka-peringati-hari-ikan-nasional

UYP Gelar Makan Ikan Gratis Dalam Rangka Peringati Hari Ikan Nasional

Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang jatuh 21 November ternyata menarik sejumlah elemen masyarakat dan akademisi untuk memeriahkannya. Tidak mau kalah, Kamis (24/11/2016) Fakultas Pertanian Universitas Yudharta Pasuruan dengan organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Pertanian (Himaperta) menggelar makan ikan gratis bagi mahasiswa.

Acara yang diikuti oleh seluruh mahaiswa, dosen, dan Kepala Program Studi Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Ir Ernawati MP itu dikonsep secara nuansa desa. Ikan dibakar di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar.

Ketua Himaperta Ainul Yaqin menjelaskan, tujuan diselenggarakan acara ini untuk menciptakan generasi bangsa yang memiliki gizi baik dengan mengonsumsi ikan dan olahannya.

Kemudian, untuk menyadarkan mahasiswa mengenai pentingnya mengonsumsi ikan karena memiliki nilai gizi yang baik, mahasiswa digiring bersama-sama untuk makan ikan bakar. “Hari ini hari yang spesial. Jadi, kami bersama mahasiswa ilmu teknologi hasil perikanan mencoba menciptakan genre baru dengan menggelar makan ikan bakar bersama-saman,” ujarnya.

Kaprodi Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Ir Ernawati MP. menegaskan bahwa konsumsi ikan itu harus dilakukan. Kayanya protein dan nilai gizi di dalamnya dapat memacu otak untuk bekerja dengan baik. “Konsumsi ikan itu penting, Gizinya yang terkandung sangat kompleks. Jadi, kesempatan yang seperti ini sangat baik untuk menyadarkan masyarakat, terutama mahasiswa untuk gemar mengonsumsi ikan,” tegasnya saat ditemui PasuruanTimes.

Erna juga menjelaskan bahwa Hari Ikan Nasional merupakan salah satu upaya pihak akademisi untuk men-support program pemerintah di sektor kemaritiman. “Pak Jokowi sudah mencanangkan program-program maritim. Kami rasa mengelar kegiatan makan ikan bakar bareng ini salah satu support kami terhadap program pemerintah,” begitu ucapnya.