Workshop Soft Skill Hasilkan Rekomendasi

SOFTSKILL1Pada hari tanggal 2-3 Juli 2013, bertempat di Hall Meeting Gedung Rektorat Lantai 1, Universitas Yudharta Pasuruan telah mengadakan Workshop dengan topik “Workshop Kurikulum Soft Skill Berbasis Potensi local Berkarakter Multikultural”, dengan dihadiri oleh sebanyak 17 Peserta perwakilan dari Dosen di masing-masing jurusan yang terdapat di Universitas Yudharta.

Amang selaku Ketua Panitia Workshop menyatakan, “Peserta workshop kali ini begitu antusias, karena selain sebagian besar Peserta masih muda juga karena fasilitator dan Narasumber yang dihadirkan kompeten di bidangnya”, diantara Narasumbernya adalah  Bapak Misbachul Munir dari Dinas Industri dan Perdagangan Kab. Pasuruan, memberikan pembekalan kepada para peserta berupa deskripsi potensi local dan prospek usaha yang dapat kembangkan di  Kab. Pasuruan. Bapak Arik sebagai Tim Pelaksana Soft Skill di Universitas Muhammadiya Jember, Bapak Suroso dari Dikti memaparkan tentang apa itu Soft Skill dan bagaimana strategi penerapannya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Teguh selaku PR 3 yang menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan workshop “saya berharap agar pengetahuan di workshop ini dapat diimplementasikan para Dosen dan Mahasiswa, tidak hanya sebatas konsep kurikulum soft skill saja yang merupakan bagian dari program PHP PTS”. Oleh sebab itu, perlu dukungan dari berbagai pihak agar dapat mengimplementasikan hasil workshop.

Secara garis besar Workshop Softskill kali ini menghasilkan beberapa hal: Pertama, pentingnya Soft Skill untuk diterapkan dalam rangka membenuk sikap Mahasiswa yang lebih berkarakter, Kedua, telah disepakati softskill yang sesuai dengan kebutuhan Universitas Yudharta, ya’ni; Interpersonal skill, Intrapersonal Skill, dan Multicultural Skill. Ketiga, Rencana Tindak Lanjut dari workshop adalah penyusunan modul soft skill, kemudian merekomendasikan Tim Soft Skill pada Pimpinan Universitas.