FAI Adakan Studi Komparatif ke IDX Surabaya

Sebagai bagian proses pembelajaran, pada tanggal 10 Mei 2017, mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan mengunjungi kantor Indonesia Stock Exchenge (IDX) Bursa Efek Indonesia kantor perwakilan Surabaya. Rombongan mahasiswa yang berkunjung adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah kewirausahaan. Ada sekitar 83 mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pasar modal dan investasi. BEI membuka pertemuan dengan memperkenalkan pasar modal, investasi dan hal-hal penting yang harus di pahami sebelum berinvestasi.  Harapannya adalah supaya mahasiswa bisa berperan langsung dalam investasi di pasar modal.

Dalam kesempatan itu juga pihak IDX menerangkan tentang software/aplikasi mereka di depan mahasiswa sistem informasi. Mahasiswa terlihat serius dan antusis mendengarkan presentase dari IDX. Ini tampak dari berbagai banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Badrun, salah satu mahasiswa yang ikut berkunjung mengatakan “kegiatan seperti ini perlu dilakukan lagi tahun depan karena memberikan pengetahuan yang banyak tentang investasi dan menumbuhkan minat mahasiswa untuk ikut ber-investasi”. Dalam kegiatan tersebut  IDX menerangkan dengan jelas bagaimana inflasi dapat mempengaruhi nilai mata uang dari tahun ke tahun sehingga di perlukan investasi untuk masa depan yang lebih baik.

setelah mendengarkan pemaparan dari pihak IDX ada beberapa hal penting yang dapat diperoleh mahasiswa dari kunjungan ini. Pertama, menabung saja tidak cukup.  Investasi harus dilakukan agar nilai uang tidak tergerus oleh inflasi. Kedua, investasi bisa dilakukan sejak muda mengingat jumlah nominal yang diperlukan tidak besar. Salah satu produk yang tepat untuk investasi adalah pasar modal. (Muhammad Nizar)