Rossa Ilma Silfiah, Dosen UYP Raih Gelar Doktor

Dr. Rossa Ilma Silfiah, S.Ag, SH, M.Hum perempuan energik kelahiran 39 tahun yang lalu mampu menuntaskan studi lanjut S3 di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (30/09/2017). Gelaran wisuda pada periode XIV dipimpin langsung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir Mohammad Bisri MS. di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Di awal acara berkumandang lagu Indonesia Raya. Usai wisuda, Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Yudharta Pasuruan (UYP), yang akrab dipanggil Bu Rossa ini, mengatakan, dirinya bangga bisa ambil bagian dalam wisuda tersebut.. “Ilmu dan gelar ini kami persembahkan untuk keluarga, kolega, dan semoga dapat membawa kemajuan bagi Prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Yudharta khususnya dan masyarakat sekitar umumnya,” kata Rossa.

Menurutnya, wisuda ini digelar setelah sebelumnya dirinya mengikuti sidang disertasi dalam sidang promosi doktor ilmu hukum di Fakultas Hukum UB pada bulan Mei yang lalu, dengan mengambil judul Disertasi “Pembaruan Tindak Pidana Terhadap Agama Dan Kehidupan Beragama Di Indonesia (Perspektif Hukum Islam)”. Saat sidang disertasi tersebut, turut hadir keluarga besar dan sahabat mahasiswa S3 Fakultas Hukum UB, Dosen Universitas Yudharta, dan keluarga terdekat.

“Saya bersyukur karena menuntaskan masa pendidikan pascasarjana tepat waktu (tidak molor) dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dari Kemenristekdikti. Sama seperti mahasiswa lainnya yang menempuh gelar untuk Doktor ini, sayapun belajar, dan bekerja keras di tengah kesibukan sehari-hari sebagai tenaga pendidik dan berbagai kesibukan lain,” katanya.

Bu Rossa juga berharap gelar doktor ini dapat diimplementasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Apalagi sebagai Dosen administrasi publik ada relevansinya dengan bidang keilmuan yang Ia geluti. “Semoga bermanfaat untuk kinerja saya sebagai Tenaga Pendidik, dan hasilnya akan membawa dampak positif bagi peningkatan SDM di Universitas Yudharta Pasuruan,” katanya.

Selain aktif sebagai tenaga pendidik, Bu Rossa juga aktif di berbagai organisasi diantaranya; PC IPPNU Kab. Pasuruan 1999-2003, PC Muslimat NU bidang Hukum dan Advokasi 2006-sekarang, Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi ICMI ORDA Pasuruan 2006-sekarang, dan Ketua III DPC PKB Kab. Pasuruan 2010-2015, 2016-sekarang.