Resimen Mahasiswa Hadiri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Wisata Batu

Jumat Sore, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Khoirul Huda, SH., M.Hum dan Beberapa Resimen Mahasiswa yang di Pimpin oleh Komendan Rey Wiky Aulia (Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah) merapatkan barisan untuk hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Wisata Batu. Acara ini digelar mulai tanggal 17-20 November 2017 di Hotel Singhasari Resort Batu Jawa Timur.

Dalam acara pembukaan Wakil Ketua MPR RI Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Bela Negara di lingkungan Resimen Mahasiswa se Provinsi Jawa Timur di Tumapel Room Singhasari Resort, Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur, Jumat sore (17/11/2017).

Hidayat Nur Wahid menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri, karena berhasil menyelamatkan Papua dari kempok kriminal bersenjata, padahal sesungguhnya mereka itu adalah sparatis, yang mencoba untuk menguasai Indonesia. Beliau menyampaikan hal itu ketika yang tiba di lokasi acara setelah dengan susah payah melalui jalan darat dari Surabaya karena pesawat yang membawa Wakil Ketua MPR ini dua gagal mendarat di landasan pacu Bandara Abdurahman Saleh Malang, karena cuaca buruk.

Namun, dia tetap berusaha hadir di tengah-tengah resimen mahasiswa, karena ini menyangkut masalah bela negara. “Cinta negara, terutama untuk para mahaswa dan para pelajar betul-betul dihadirkan untuk mereka menjadi bagian yang akan melanjutkan keberlangsungan negara ini,” tegas Hidayat Nur Wahid.

Dengan bahasa lebih lugas lagi, Hidayat Nur Wahid menyatakan, cinta negara adalah untuk memastikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan ideologi Pancasila akan berkelanjutan, sehingga beragam tantangan, apa yang namanya radikalisme, terorisme, komunisme, liberalisme, termasuk sparatisme, maka melalui jalur pendidikan anak-anak muda akan mudah dikoreksi.

“Artinya, ketika anak-anak muda mempunyai semangat yang sangat kuat untuk membela negara, maka kepada mereka diberi pemahaman yang baik tentang negara Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut Ketua MPR periode 2004-20119 ini menyatakan, MPR melakukan sosialisasi Empat Pilar menjadi bagian kontribusi MPR untuk memastikan tentang Indonesia kita dari beragam ancaman.

Hidayat Nur Wahid berharap, generasi muda ini memiliki peran besar karena, secara demokrafis mereka (anak muda) menjadi mayoritas di Indonesia, dan mereka juga akan melanjutkan kepemimpinan di Indonesia. “Jadi, tentunya mereka harus mempersiapkan diri, salah satu caranya melalui pemahaman yang baik dan benar tentang Pancasila,” ujar Hidayat Nur Wahid.

Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Bela Negara di Kota Batu ini adalah kali kedua diselenggarakan oleh MPR di tahun 2017, setelah yang pertama berlangsung di Lampung.

Pada acara pembukaan Sosialiasi Empat Pilar dengan metode Pendidikan Bela Negara ini hadir dan menyampaikan sambutan adalah Komandan Resimen Mahasiswa Mahasurya Provinsi Jawa Timur, Dra. Atfiah El Zam Zami, MM., dan Plt. Sekda Kota Batu Dr. Alwi, M.Hum. Selain itu hadir pula sejumlah anggota MPR yang juga merangkap menjadi narasumber, yakini: Hardisoesilo (Fraksi Partai Golkar), Khotibul Umam Wiranu (Fraksi Demokrat), dan Syafruddin (Fraksi PAN)