Saunggalih Yudharta Gelar Aksi Donor Darah Untuk Kemanusiaan

Organisasi Saunggalih Universitas Yudharta Pasuruan menggelar aksi donor darah. Kegiatan donor darah dilakukan di Aula Pancasila Universitas Yudharta Pasuruan, Rabu 22 November 2017 bekerjasama dengan KSR dan PMI Pasuruan.

Rizka ketua panitia aksi donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh Organisasi Saunggalih Universitas Yudharta Pasuruan setiap tahunnya. Diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga UYP.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial UYP kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” urainya.

Dalam acara ini setidaknya lebih dari 60 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa dan karyawan, dosen di lingkungan kampus UYP.

“Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,” jelas lusiana petugas PMI.

Pernyataan senada disampaikan Afansetiawan, mahasiswa prodi Ilmu Industri yang baru dua kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Disamping itu, menurut silvi salah satu panitia mengungkapkan bahwa beberapa manfaat donor darah antaralain menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menurunkan risiko kangker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehar secara psikologis dan memperpanjang umur.