PROGRAM PASCA SARJANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL 

PROFIL

Kebangsaan dalam Islam sebenarnya sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad dalam peristiwa misaqul madinah. Dalam peristiwa tersebut, Islam menunjukkan jati diri kebangsaannya dengan terciptanya tamaddun, sebuah wilayah yang memiliki peradaban. Yakni wilayah yang mampu menciptakan harmoni berbagai suku, golongan, ras, dan bahkan agama dengan saling menghormati, menyayangi dan memiliki visi bersama, yakni kemanusiaan.

Realitas tersebut, oleh para fathers founding telah dirumuskan dalam Pancasila dan UUD 1945 sebagai penopang Negara. Dalam Pancasila dan UUD 1945, setiap warga Indonesia memiliki hak, kewajiban yang sama. Tidak ada satu golongan tertentu yang diuntungkan maupun dirugikan. Maka sudah seharusnya semua komponen bangsa Indonesia untuk berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, agar harmonisasi di Indonesia tetap terjaga sehingga kita menjadi bangsa yang tamaddun. Bangsa yang memiliki peradaban yang tinggi.

Dengan sikap tersebut, Universitas Yudharta Pasuruan sangat sadar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultur, bangsa yang memiliki berbagai macam suku, ras dan beragam agama. Untuk menjaga agar tetap dalam persatuan, maka multikulturalisme adalah salah bentuk implementasi yang harus dibumikan di Indonesia tercinta ini.

Dari uraian diatas, Universitas Yudharta Pasuruan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia, tahun akademik 2015/2016 membuka Program Pascasarjana (PPs) dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam Multikultural berdasarkan ijin operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor: 6269 Tahun 2014 pada tanggal 05 November 2014, dengan harapan mampu mengembangkan pendidikan ke-Islaman multikultural secara profesional yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

VISI

Program Pascasarjana Universitas Yudharta Pasuruan sebagai pusat kajian pendidikan dan pemikiran agama Islam multikultural di tingkat regional, nasional, dan internasional dalam rangka mentransformasikan misi Islam yang rahmatal lil ‘alamin.

MISI

  1. Menyelenggarakan Program Magister di bidang Pendidikan Agama Islam multikultural yang professional.
  2. Mengembangkan Pengetahuan, sains dan Teknologi Pendidikan Agama Islam Multikultural.
  3. Menumbuhkembangkan wawasan ke-Islaman yang rahmatan lil ‘alamin dalam bingkai kebhinekaan budaya Indonesia di Dunia global.

TUJUAN

  1. Mengantarkan peserta program agar mampu melakukan penajaman pemikiran ilmu ke-Islaman dan Pendidikan Agama Islam yang berbasis pada paradigma Islam multikultural.
  2. Mengantarkan peserta program agar mampu dan besemangat melakukan pengkajian di bidang ilmu-ilmu ke-Islaman dan Pendidikan Agama Islam multikultural.
  3. Mengantarkan peserta program agar mampu membudayakan penelitian dalam bidang ilmu-ilmu ke-Islaman dan Pendnidikan Agama Islam multikultural.
  4. Mengantarkan peserta program agar memiliki kepribadian untuk mengembangkan ilmu-ilmu ke-Islaman dan Pendidikan Agama Islam multikultural.