Universitas Yudharta Pasuruan didirikan di Pasuruan Jawa Timur pada tanggal 1 Agustus 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti Nomor: 146/D/O/2002, kemudian diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti Nomor: 919/D/T/2005 s.d Nomor: 929/D/T/2005.

Sampai saat ini Universitas Yudharta Pasuruan memiliki lima fakultas, yaitu: Fakultas Teknik yang mengelola empat Program Studi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Informatika, Fakultas Pertanian yang mengelola tiga Program studi yaitu :Teknologi Hasil Pertanian, Agrobisnis, dan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mengelola tiga Program Studi yaitu :Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi yang mengelola satu Program studi yaitu: Psikologi, dan Fakultas Agama Islam yang mengelola lima Program Studi yaitu : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ekonomi Islam, Ilmu Tafsir dan Hadist serta Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Islam Multikultural.

VISI

Visi Universitas Yudharta Pasuruan adalah menjadikan Universitas sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, humaniora dan/atau seni yang berlandaskan tata nilai kehidupan masyarakat religius pluralistik untuk mengupayakan sarjana profesional, berdaya saing dan bermartabat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan/atau seni sehingga mahasiswa memiliki kemampuan mandiri, kreatif, kritis, analitis, dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan karya-karya inovatif dalam rangka berperan terhadapa kemajuan dan kemandirian masyarakat baik ditingkat nasional serta internasional dengan memperhatikan kearifan lokal.
  3. Menciptakan iklim akademik yang beraksentuasi kepada karya-karya inovatif untuk menciptakan lulusan yang berintektualitas tinggi, berdaya saing secara nasional dan internasional berlandaskan religius pluralistik.

TUJUAN

  1. Menghasilkan ilmuwan, pendidik, tenaga kependidikan,  tenaga ahli, tenaga profesional yang tangguh, bertanggung jawab, berdaya saing nasional dan internasional yang bermartabat.
  2. Menghasilkan temuan-temuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif dan dikembangkan serta diamalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dunia kerja, melalui kolaborasi pendidikan formal dan informal secara terpadu dan berkelanjutan.

SASARAN

  1. Peningkatan Kualitas pembelajaran dengan Peningkatan Kualitas Belajar, Pengkajian dan Perubahan kurikulum, Penciptaan iklim akademik, dan Penciptaan Suasana Akademik
  2. Pemantapan kualitas penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat dengan Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Terbentuknya Pusat Kajian dan Pusat Studi, dan mewujudkan pusat unggulan religius pluralistik berbasis riset.
  3. Peningkatan Kualitas Penjaminan Mutu dengan Pembentukan gugus dan unit jaminan mutu, Penguatan sistem penjaminan mutu internal, Penguatan Sistem Informasi.
  4. Peningkatan Mutu Otonomi Pengelolaan dengan Penguatan mutu otonomi pengelolaan UYP, Penguatan pengelolaan, kesejahteraan Dosen dan Tenaga Kependidikan, Penguatan Pengelolaan Keuangan dan Penguatan sarana prasarana.
  5. Penguatan Kerjasama dengan Penguatan Kerjasama dengan pihak eksternal, Penguatan sistem informasi, publikasi dan promosi.
  6. Peningkatan kualitas Mahasiswa dengan Penguatan Kualitas Mahasiswa, Penguatan Organisasi Kemahasiswaan Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK).
  7. Penguatan peran serta alumni.

Adapun visi tersebut selanjutnya menjadi acuan dapam penyusunan misi, tujuan, dan sasaran Universitas Yudharta Pasuruan dan dimuat dalam Statuta, Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis (RENSTRA), dan Rencana Operasional (RENOP).