Universitas Yudharta Pasuruan didirikan di Pasuruan Jawa Timur pada tanggal 1 Agustus 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti Nomor: 146/D/O/2002, kemudian diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti Nomor: 919/D/T/2005 s.d Nomor: 929/D/T/2005.

Sampai saat ini Universitas Yudharta Pasuruan memiliki lima fakultas, yaitu: Fakultas Teknik yang mengelola empat Program Studi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Informatika, Fakultas Pertanian yang mengelola tiga Program studi yaitu :Teknologi Hasil Pertanian, Agrobisnis, dan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mengelola tiga Program Studi yaitu :Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi yang mengelola satu Program studi yaitu: Psikologi, dan Fakultas Agama Islam yang mengelola lima Program Studi yaitu : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ekonomi Islam, Ilmu Tafsir dan Hadist serta Program Studi Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Islam Multikultural.

VISI

Menjadikan universitas sebagai wahana pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan tata nilai kehidupan masyarakat religius yang pluralistik untuk mengupayakan sarjana professional dan bermartabat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa memiliki kemampuan untuk mandiri, kreatif, kritis, analitis, dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan karya-karya inovatif dalam rangka berperan terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat.
  3. Menciptakan iklim akademik yang beraksentusi untuk pengembangan keilmuan yang bernafaskan religius pluralistik.

ASAS, DASAR DAN TUJUAN

Dalam menyusun dan mengembangkan program, Universitas Yudharta Pasuruan berazaskan Pancasila, sedangkan sebagai dasar operasionalnya adalah :

  1. Undang-Undang Dasar 1945
  2. Undang-undang No. 2 tahun 1989. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Peraturan pemerintah nomor 60 Tahun 1989 tentang Pendidikan Tinggi
  4. Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 056/U/1994 jo Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa
  5. Keputusan menteri Pendidikan Nasional nomor 234/U/2000 tentang pedoman pendirian Perguruan Tinggi
  6. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 146 tahun 2002 tentang izin penyelenggaraan Universitas Yudharta Pasuruan Status Universitas Yudharta Pasuruan Sejalan dengan azas dan dasar di atas maka tujuan penyelenggaraan pendidikan di Universitas Yudharta Pasuruan adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang tangguh, profesional, bertanggung jawab dan bermartabat

MOTTO

Berpribadi Tangguh, Professional, Mandiri, Kritis, Inovatif, dan Berjiwa Religius.