Kegiatan Perdana UKM Pecinta Lingkungan Sawunggalih

Pasuruan, 16 Oktober 2016. Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sawunggalih mengawali langkahnya dengan mengadakan kegiatan sarasehan lingkungan hidup, yang bertempat di lapangan universitas Yudharta. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu.
Kegiatan tersebut dimulai pada 16.00 WIB, yang dimulai dengan acara ceremonial kemudian dilanjutkan dengan materi pembelajaran analisa pencemaran air. Minggu paginya studi lapangan pencemaran air yang berdampak di Sumberkambang Sukorejo Pasuruan.
menurut Muzaqi Rochman selaku ketua panitia penyelenggara “Sudah banyak terjadi pencemaran lingkungan hidup di sekitar kita. Pembangunan tidak saja menghasilkan manfaat tetapi juga resiko. Pencemaran dan perusakan adalah dua resiko yang tidak dapat dihindari dalam rangka menjalankan pembangunan. Dari perspektif tersebut kami mencoba mendedikasikan diri untuk turut serta aktif pada upaya pelestarian lingkungan hidup di kabupaten Pasuruan. Kami bermaksud untuk mengumpulkan orang-orang yang mengetahui permasalahan sumber mata air Sumberkambang Sukorejo untuk duduk bersama pada kegitan tersebut yang bertajuk ruwatan sumber.”
Dalam draf proposalnya tertulis ruwatan sumber ini bertujuan untuk mendeklarasikan UKM Saunggalih kepada masyarakat, pendataan awal mata air di kawasan pegunungan Arjuno, membuka ajang urun rembuk para pelaku pelestari lingkungan hidup di Pasuruan, mengadakan pembelajaran analisa air dari hulu ke hilir.
Adapun pesertanya dari orang luar kampus Yudharta yang meliputi mahasiswa, LSM, dan penggiat lingkungan hidup.