VISI

Menjadikan Laboratorium sebagai sarana pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengupayakan sarjana profesional dan bermartabat.

MISI

  1. Meningkatkan layanan laboratorium sebagai sarana penunjang praktikum, penelitian dan pengujian bidang sains dan teknologi.
  2. Meningkatkan sistem manajemen laboratorium berbasis kinerja untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan yang telah di tetapkan.
  3. menjadi sarana  pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa memiliki kemampuan untuk mandiri, kreatif, kritis, analitis, dan inovatif.
  4. Menciptakan iklim akademik yang beraksentuasi untuk pengembangan keilmuan yang bernafaskan religius pluralistik.

TUJUAN

  1. Sarana untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang tangguh, profesional, bertanggung jawab dan bermartabat.
  2. Mengembangkan sumber-sumber pendanaan laoratorium yang berkelanjutan.
  3. Pengembangan sistem manajemen Laboratorium yang sehat dan harmonis.

 

Lab Micro Teaching

Laboratorium microteaching digunakan oleh mahasiswa program studi pendidikan, yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Lab ini digunakan untuk praktek mengajar mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah praktek pengalaman lapangan I (PPL I)

Fasilitas yang bisa digunakan antara lain:

  1. Ruang untuk praktek mengajar dilengkapi dengan LCD proyektor dan satu unit computer sebagai sarana praktek mengajar
  2. CCTV tiga unit yang berfungsi untuk merekam setiap mahasiswa yang sedang praktek mengajar.
  3. Empat unit Komputer yang berfungsi untuk ; 1 unit menyimpan data rekaman CCTV, 1 unit mengedit hasil rekaman, 1 unit untuk pengecekan hasil editing, dan 1 unit untuk burning ke CD blank, yang nantinya akan diserahkan kepada mahasiswa yang bersangkutan sebagai bahan evaluasi.
  4. Pengeras suara dilengkapi dengan mixer yang difungsikan untuk sarana pengajaran maupun dosen yang sedang memantau proses praktek mengajar.
  5. TV LED 32 inci berfungsi untuk menampilkan hasil rekaman mahasiswa yang sedang praktik mengajar.

Lab Bahasa

Laboratorium bahasa disediakan untuk mahasiswa semua program studi yang sedang menempuh mata kuliah bahasa, baik bahasa arab, Inggris, maupun Indonesia.

Fasilitas ruang laboratorium ini, diantaranya :

  1. Satu unit computer
  2. Satu unit LCR proyektor
  3. Satu unit pengeras suara dan mixer
  4. 30 unit headphone
  5. 30 unit tape recorder

Lab Komunikasi

Laboratorium ini difungsikan untuk praktikum mahasiswa program studi komunikasi untuk mengolah dan mempresentasikan hasil karyanya, baik dalam bentuk fotografi, editing video dan film.

Laboratorium ini memliki sarana, diantaranya:

  1. Ruang untuk presentasi hasil karya mahasiswa
  2. Ruang proses editing foto maupun video
  3. Ruang praktikum siaran radio (Yudharta FM)
  4. Ruang Fotografi

Lab Komputer

Laboratorium computer bersama digunakan oleh mahasiswa dari semua program studi (prodi), terutama prodi informatika, biasanya digunakan untuk belajar MS word, excel, power point, corel, photoshop, pemrograman, buat animasi grafis, design grafis, dll.

Sarana yang ada di ruang lab. Ini adalah:

  1. 30 unit computer, namun yang normal ada 23 unit.
  2. LCD Proyektor
  3. Berbagai softwere yang memungkin beberapa program stud ibis praktikum di laboratoium bersama ini. Seperti program ms word, AUTOCAD, Corel, photo shop, Mat Lab, mini tab, Visual Basic, SPSS, flas player, dll.

Lab Niaga

Laboratorium Niaga (akuntansi) disediakan untuk praktikum mahasiswa program studi administrasi niaga, administrasi Negara.

Karena keterbatasan unit computer, maka prodi Mesin, Sipil dan Industri bergabung di lab niaga ini dengan pengaturan jadwal yang baik.

Sarana yang tersedia di ruang ini adalah;

  1. 10 unit computer
  2. Berbagai softwere yang memungkinkan beberapa prodi tersebut menggunakannya, misalnya program akuntansi, Autocad, Minitab.

Lab Gambar

Laboratorium yang satu ini digunakan oleh mahasiswa program studi teknik sipil, teknik mesin untuk praktek membuat desain gambar. Namun unit computer belum tersedia, dianjurkan setiap mahasiswa ketika praktikum di ruang ini, membawa laptop sendiri-sendiri. Untuk unit computer karena membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi, maka pengajuan pengadaan unit computer masih dalam proses pengajuan di bagian keuangan (BAUK)

Lab Teknologi Hasil Perikanan

Lab Teknologi Pangan

Laboratorium yang satu ini digunakan praktikum mahasiswa program studi Teknologi pangan, Teknologi hasil Perikanan, biasanya digunakan untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat, seperti sosis, maget, es krim.

Sarana yang ada memungkinkan untuk melakukan:

  1. ekstrak susu cair menjadi susu bubuk
  2. vacuum crying untuk pengorengan yang kedap udara
  3. freezer untuk penyimpanan hasil olahan, seperti sosis, naget, ikan, dll.
  4. Mesin pembuat ice cream dengan aneka rasa.

Lab Industri

Laboratorium ini digunakan oleh mahasiswa program studi Industri.

Prasarana yang ada di Lab. Ini memungkinkan mahasiswa untuk melakukan:

  1. Penyulingan menjadi minyak wangi
  2. Alat pembuat ice cream dengan teknologi sepeda pancal
  3. Ekstrak jahe menjadi jahe bubuk.