Sukseskan Indonesia Pintar Mahasiswa KKN 03 Mengabdi di Sekolah

Pendidikan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia karena dengan pendidikan seseorang akan mendapatkan ilmu dan dengan ilmu tersebut seseorang dapat hidup dengan layak. Pada dasarnya pendidikan dimulai sejak lahir hingga akhir hayat. Sesuai pendidikan yang ada di Indonesia yang mengacu pada UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan dibagi menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, infornal, dan nonformal.
Di desa Kedawang terdapat pendidikan formal, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudhlotul Hikmah yang bersiswakan anak-anak desa Kedawang. Demi menjalin kedekatan antara kelompok KKN dengan warga sekolah dasar, maka kelompok KKN 03 turut menjadi pengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudhlotul Hikmah.
Sebelum mengajar kami melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru-guru disana. Setelah itu kami mendapatkan jadwal sesuai dengan keterampilan kapan kami mulai mengajar dan pelajaran apa yang kami dapat.
Pengalaman mengajar di MI Roudhlotul Hikmah dimulai dari kelas 3 sampai kelas 5, kesan pertama kami mengajar yaitu siswa-siswa MI Roudhlotul Hikmah bersemangat untuk belajar, kelas terlihat aktif dan semua siswapun dapat menerima pelajaran dengan baik.
Dalam bimbingan yang kami lakukan ini diharapkan dapat membatu guru dan para orang tua yang sibuk bekerja / yang kesulitan dalam memberikan pelajaran kepada putra/putrinya. Bimbingan belajar mengajari ini pula merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar.
Dalam proses interaksi tersebut dibutuhkan komponen pendukung (ciri-ciri interaksi edukatif) yaitu Interaksi belajar mengajar memiliki tujuan yakni untuk membantu anak dalam suatu perkembangan tertentu.
Interaksi belajar mengajar sadar tujuan, dengan menempatkan siswa sebagai pusat perhatian siswa mempunyai tujuan, Ada suatu prosedur (jalannya interaksi) yang direncanakan, didesain untuk mencapai tujuan yang telah dilaksanakan. Dalam melakukan interaksi perlu adanya prosedur, atau langkah-langkah sistematik yang relevan, Siswa sebagai pusat pembelajaran, maka aktivitas siswa merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya interaksi belajar mengajar, Dalam interaksi belajar mengajar guru (dalam hal ini adalah para mahasiswa KKN yang bertugas sebagai pengajar) berperan sebagai pembimbing.
Kegiatan belajar mengajar di MI Roudhlotul Hikmah dilakukan setiap hari Senin sampai dengan hari Rabu sesuai dengan Jam sekolah, dari pukul 07.00 sampai dengan 09.30 WIB. Seluruh mahasiswa KKN 03 ikut terlibat dalam hal ini, meskipun tidak semuanya mengajar di sekolah karena, ada yang bertugas membantu di desa. (Labib).