Teknik Industri

PROFIL TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN

Pendahuluan

Teknologi memungkinkan telah banyak menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh manusia dan masyarakat. Tetapi teknologi juga dituduh oleh banyak pihak yang menyebabkan atau menimbulkan banyak persoalan baru. Banyak cendekiawan di seluruh dunia telah terlalu banyak menggunakan teknologi. Tetapi teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena berangkat dari teknologi suatu kehidupan manusia dapat lebih berkembang dan berguna.

Pada dasarnya keilimuan Teknik Industri itu mempunyai tujuan yaitu mencapai profit atau keuntungan yang besar. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan-perusahaan baik skala besar, menengah maupun home industri, maka diperlukan keilmuan mengenai Teknik Industri.Dalam Teknik Industri akan dipelajari mengenai bagaimana melakukan perencanaan proses bisnis yang mengacu pada efektifitas, efisiensi dan produktifitas.Sekarang ini banyak perusahaan yang menginginkan tenaga ahli dalam perencanaan dan pengendalian produksi(PPIC), ahli Quality control(QC), ahli Tata Letak Pabrik, ahli Managemen Supply Chain, ahli Marketing, ahli Perencanaan dan Desain Produk, ahli perencanaan kewirausahaan dan  masih banyak yang lain yang berhubungan dengan keilmuan tentang perusahaan, dimana semua keahlian tersebut hanya dipelajari dan didapatkan di program studi Teknik Industri.

 Misi

  1. Menjadi program unggulan yang menghasilkan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi ,berwawasan luas serta berperan aktif dalam bidang keahlianya sesuai dengan bidang perindustrian(Pabrik) dengan konsentrasi Sistem Manajemen industri, desain dan manufaktur serta ergonomi dan Perancangan kerja industri dengan menerapkan system pengajaran yang berkompeten.
  2. Membangun wawasan, pengetahuan teori dan ketrampilan dan mengembangkan kegiatan penelitian dan atau hasil karya ilmiah dalam bidang industri yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam rangka pembangunan bangsa.
  3. Menyelenggarakan penyebaran informasi serta pelayanan ilmu pengetahuan, teknologi Desain dan Animasi Produk serta menerapkannya pada Dunia industri.
  4. Mengembangkan sikap kewirausahaan dan kemandirian dibidang kerekayasaan teknik dan sistem industri serta penerapan teknologi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Tujuan

Tujuan Program Studi Teknik Industri mencetak sarjana yang :

  1. Mampu dan terampil dalam mengembangkan serta menerapkan IPTEK dibidang teknologi Industri .
  2. Mampu dan ahli dalam perencanaan dan Pengendalian proses bisnis perusahaan dan proses produksi pada suatu perusahaan
  3. Mampu dan ahli dalam perencanaan, Desain, dan Animasi Produk
  4. Mampu dan ahli dalam managemen dan strategi perusahaan perusahan
  5. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama serta ahli dalam Marketing
  6. Memiliki inisiatif mengembangkan diri dan jiwa wirausaha serta kepemimpinan.

 Prospek Lulusan

Lulusan Teknik Industri Universitas Yudharta Pasuruan nantinya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Pasca Sarjana (S2) dan dapat bekerja di Instansi/ Lembaga/ Perusahaan baik Swasta maupun Negeri, misalnya :

  1. Tenaga ahli Quality Control (QC) dan Tenaga ahli PPIC diberbagai perusahaan.
  2. Perencana Tata Letak Fasilitas Produksi
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia atau Manajemen Produk
  4. Tenaga Pengajar
  5. Konsultan bidang Industri
  6. Manajer Produksi
  7. Dinas Perum maupun jawatan
  8. Perusahan Jasa, seperti BANK
  9. Tenaga Free line
  10. Wiraswasta bidang Industri dan Pertanian
  11. Perencanaan Dan Desain Poduk( Komputerisasi )
  12. Perencana Pemasaran
  13. Perencana Pembelian Bahan Baku
  14. Pegawai Pemerintahan(Desperidag)
  15. Dan lain-lain