Yudharta Tandatangani Nota Kesepahaman dengan KPU Jatim

Pasuruan, Yudharta- KPU melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Perguruan Tinggi di Bidang Kepemiluan dan Demokrasi, dengan 5 Perguruan di Jawa Timur termasuk Universitas Yudharta Pasuruan.

Dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Sidoarjo pada Selasa, 7 Februari 2023, Selaku Rektor Dr. Kholid Murtadlo, SE, ME hadir mengikuti penandatangan Nota Kesepahaman tersebut. Juga hadir Wakil Rektor III Dr. Khoirul Huda, SH, M.Hum. mendampingi rektor dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatannya, Ketua KPU Republik Indonesia, Hasyim Asy’ari menuturkan KPU sebagai pusat kepemiluan mengundang kampus untuk memanfaatkan apa saja dari KPU, utamanya terkait dengan data, ungkapnya

Tidak hanya itu, Ia juga mempersilahkan para akademisi kampus yang berminat untuk melakukan kajian kepemiluan, tambahnya.

Selanjutnya Hasyim Asy’ari mengajak kampus menyampaikan pada mahasiswanya untuk turut menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu 2024, yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayahnya masing-masing.

Terdapat 7 (Tujuh) Perguruan tinggi yang seharusnya melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman, namun hanya 5 (Lima) perguruan tinggi yang hadir termasuk Universitas Yudharta Pasuruan, 4 (Empat) diantaranya adalah dengan Universitas Negeri Surabaya, Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Universitas Islam Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Juga pada hari berikutnya, Rabu 8 Februari 2023 dilaksanakan Bimtek Kehumasan dan Hubungan Antar Lembaga di Sidoarjo dengan dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Masing-masing terdiri dari Ketua, Anggota Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, dan Kepala Subbagian (Kasubbag) Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat.